Selasa, 14 Februari 2017

Cara Menanam Cabe Rawit Terbaik Dan Populer

Cara Menanam Cabe Rawit Terbaik Dan Populer - Selamat datang sobat-sobat sekalian dan salam silaturahmi di blog saya tanamanbuahjos21, dan salam kenal untuk persahabatan. nah saat ini saya akan berbagi pengalaman yang sudah saya buktikan yaitu tentang Cara Menanam Cabe Rawit Terbaik Dan Populer, belajar berkebun dan bercocok tanam untuk tanaman cabe rawit di pekarangan rumah.

Cara Menanam Cabe Rawit Terbaik Dan Populer

Nah untuk itu dengan menanam cabe rawit ini agar mendapatkan hasil yang maksimal dan buah yang melimpah maka harus di awali dengan langkah-langkah yang pas dan terbaik seperti di bawah ini:

Langkah-langkah Untuk Menanam Cabe Rawit Yang Baik Dan Benar Sebagai Berikut:

1.  Membuat Lahan
2.  Menyiapkan Benih Cabe Rawit
3.  Menyemai Benih Atau Biji Cabe Rawit
4.  Menanam Bibit Cabe Rawit
5.  Merawat Tanaman Cabe Rawit
6.  Memanen Buah Cabe Rawit

Nah itu langkah pokok untuk menanam tanaman cabe rawit yang baik dan praktis, tanaman akan maksimal jika perawatan dan pemberian pupuk susulan dengan rutin dan teliti.

1.  Membuat Lahan 

Agar tanaman kelihatan rapi dan bagus sebaik nya pembuatan lahan itu yang utama duluan untuk di kerjakan sebelum menyemai benih cabe rawit, cara membuat lahan tanam ialah sebagai berikut:

1.  Bersihkan lahan dari rumput dan tanaman yang mengganggu pembuatan lahan
2.  Membuat bedengan yang ukuran nya lebar 100-110 cm, tinggi 30-40 cm, panjang nya sesuai lahan      yang ada.
3.  Cangkul dan gemburkan bedengan
4.  Semprot kan pupuk BIOBOOST ke permukaan bedengan dengan rata, biarkan 3-4 hari,
5.  Taburkan pupuk kandang dan pupuk kompos secukup nya, jika ada dana tambahkan pupuk kimia         seperti SP-36, NPK, Z A.
6.  Setelah selesai pemupukan lahan bedengan tersebut, siram lah dan biarkan selama 15 hari, setelah        itu pasang plastik mulsa pada bedengan dan buat lubang tanam.
7.  Buat lubang tanam dengan jarak 60 cm x 70 cm .

Biar kan lahan hingga menunggu bibit cabe berdaun 4-6 atau umur bibit 1-1,5 bulan baru bibit dapat di pindahkan.

2.  Menyiapkan Benih Cabe Rawit

Siapkan atau beli benih cabe rawit yang unggul dan bagus, bisa juga membuat benih cabe rawit sendiri dari buah cabe yang masak merah di pohon, buat lah benih cabe yang besar dan tidak rusak.

3.  Menyemai Benih Atau Biji Cabe Rawit

Untuk menghasilkan bibit cabe rawit yang bagus dan berkualitas sebaik nya pakai cara ini, sediakan polybag kecil atau gelas bekas minuman dan isilah dengan tanah yang sebelumnya tanah tersebut sudah di campur dengan pupuk organik atau pupuk kandang, setelah pengisian tanah ke gelas minuman atau polybag selesai, lanjutkan dengan mengisi satu persatu biji cabe ke polybag dan siram lah setiap pagi dan sore jika cuaca panas, tutup lah dengan jerami agar tidak kena cahaya dan air hujan langsung.

tunggu hingga bibit cabe berdaun 4-6 helai atau umur bibit 1-1,5 bulan, lalu bibit tersebut dapat di pindah kan ke lapangan tempat penanaman yang sudah di sediakan sebelum penyemaian di lakukan.

4.  Menanam Bibit Cabe Rawit

Sekarang tiba saat untuk menanam bibit cabe rawit ke tempat bedengan yang sudah di sediakan, untuk menanam nya sebagai berikut:

ambil bibit yang sudah berdaun 4-6 helai buang polybag atau gelas plastik nya dari bibit dan tanam dengan memasuk kan bibit ke lubang yang sudah di buat secara zig-zag, lakukan penanaman pada pagi dan sore saja, upayakan selesai dalam satu hari untuk menanam satu hamparan, setelah penanaman selesai lakukan penyiraman agar tanaman tidak layu dan mati.

5.  Merawat Tanaman Cabe Rawit

Perawatan pada tanaman cabe rawit sangat penting terutama penyiraman yang cukup dengan air biasa, dan menyulam tanaman yang layu dan mati, berikan juga pupuk susulan serta menyemprotkan pestisida untuk mengendalikan hama pada tanaman cabe rawit tersebut.

 6.  Memanen Buah Cabe Rawit

Kini tiba saat nya buah cabe sudah mulai masak , nah untuk memanen nya adalah lakukan pemetikan buah cabe yang tua saja, waktu yang baik untuk memetik buah cabe adalah pada pagi dan sore hari setelah embun sudah kering, simpan di tempat yang kering dan teduh buah yang sudah di panen.

Itulah ulasan terbaik tentang Cara Menanam Cabe Rawit Terbaik Dan Populer, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi yang sudah membaca ulasan saya di atas, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar