Senin, 05 Desember 2016

Jeruk Manis Cara Menanam Dan Budidaya Jeruk Manis Terbaik Dan Terbaru


Sekilas Tentang Budidaya Jeruk Manis

Jeruk Manis Cara Menanam Dan Budidaya Jeruk Manis Terbaik Dan Terbaru,Jeruk manis adalah jenis buah-buahan yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, Jenis tanaman jeruk ini yang ada di indonesia ini dahulu nya ia berasal dari asia dan sekarang sudah menyebar luas di indonesia dan bahkan ke negara-negara lain.

Di indonesia sendiri hingga saat ini sudah menyebar luas sudah di budidaya kan sampai ke pelosok-pelosok desa.

Nah, Berarti tanaman jeruk manis adalah tanaman buah yang pantas untuk di budidaya kan di indonesia, selain banyak penggemar nya, Jeruk manis akan bisa meningkat kan nilai ekonomis untuk rakyat indonesia.


                                                           jeruk manis populer

Tanaman jeruk manis bisa tumbuh dan di tanam di dataran rendah dan tinggi, Untuk ciri-ciri tanah yang baik untuk tanaman jeruk manis yaitu sejenis tanah pasir bulan atau tanah lempung yang berpasir, dan rata-rata dalam dataran tinggi mencapai tinggi 120 dari permukaan air laut dan kondisi air yang cukup baik.

Cara Menanam Jeruk Manis Dan Teknik Yang Baik

Untuk Tahap Pemilihan Bibit Jeruk Yang Bagus

Terbagi 2 cara untuk menentukan cara memilih bibit jeruk manis yang baik dan unggul, Yaitu dengan cara biji dan cara mencangkok atau stek tempel. Untuk menanam yang dengan cara biji hasil nya kurang baik dan belum tentu bisa bagus seperti induk nya. 

untuk yang lebih baik dan hasil buah yang melimpah seperti induk nya yaitu dengan cara menyetek atau tempel ia dengan umur yang pendek akan cepat proses pembuahan.

Tahap Penanaman Jeruk Manis

Sekarang kita akan membahas untuk proses penanaman nya, Seperti biasa yaitu tahap awal kita harus menyemprot atau membersihkan lahan nya dari rumput-rumput yang nanti akan mengganggu tahap penanaman, Setelah lahan bersih dari rumput kemudian kita mencangkul buat lubang lebih kurang sekitar diameter 50 cm persegi, Untuk jarak nya antara lubang ke lubang tanam sekitar 6 meter kali 5 meter. 

Lubang untuk tanam yang sudah siap lalu di isi dengan pupuk kandang atau pupuk kompos secukup nya, terus di siram dengan air hingga basah merata, Taburi lagi racun kurater atau furadan untuk pengendalian hama di tanah.

Setelah semua siap, kita tanam bibit jeruk manis yang tinggi nya sekitar 1 meter lalu di timbun dengan tanah dan injak injak hingga padat, lalu pasang tiang di dekat pokok nya ikat sama tali ke tiang, supaya tanaman jeruk tersebut tidak tumbang.

Tahap Perawatan Tanaman Jeruk Manis

Siram dan perhatikan tanaman jeruk manis pada pagi dan sore secara rutin, Dan bila umur tanaman sudah beranjak 3 bulan atau lebih proses siram nya bisa di lakukan 3 hari sekali, tergantung keadaan tanah. basah atau kering.

Di sulam bila ada tanaman jeruk yang layu atau mati. 
Jeruk Manis Cara Menanam Dan Budidaya Jeruk Manis Terbaik Dan Terbaru Dan tanaman perlu kita bersih kan dari rumput dalam 10 hari sekali, agar tanaman bisa tumbuh dengan lebih baik dan subur, serta tambah kan pupuk tambahan sedikit.

gundukkan tanah yaitu dengan cara sebagai berikut, timbun dengan tanah pada batang sekitar diameter 1 meter persegi guna untuk memperkuat akar supaya tanaman jeruk dewasa tidak roboh ketika ada tiupan angin yang kuat.

Pembentukan cabang agar rindang, yaitu dengan memangkas dahan atau ranting yang rusak bertujuan juga supaya buah nya agar maksimal. Semakin banyak cabang yang sehat tentu buah pun akan melimpah.





Penyakit Dan Hama  

Untuk jenis-jenis hama yang menyerang jeruk manis antara lain yaitu : Kutu loncat, Lalat buah, Kutu dompolan kutu sisik, Tungau buah, Penggerek buah, Ulat peliang, Dan kutu penghisap daun. Nah untuk pengendalian nya kita harus menggunakan sejenis pestisida yang baik yaitu Klofernapir, Imidakloprit, Sipermetrin, Abamectin.

Biasa nya jeruk juga akan diserang penyakit, Busuk buah, Busuk akar dan pangkal batang, Layu bakteri dan embun tepung.

Tahap Panen Buah Jeruk

Adapun cara-cara panen buah yang terbaik dan tidak merusak buah yang lain yang belum masak yaitu, Petik lah buah yang benar-benar masak , Waktu optimal untuk buah jeruk sekitar 8 bulan dari waktu pembuangan. Petik lah dengan menggunakan gunting agar pohon tidak cepat rusak, Usahakan waktu panen di saat cuaca lagi cerah.

                                                           Gambar buah yang telah masak 

Berikut di atas sekilas keterangan tentang jeruk manis, mudah-mudahan bisa jadi motivasi untuk yang telah sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar