Senin, 05 Desember 2016

Cara Menanam Cabe Cara Budidaya Cabe Yang Baik Dan Benar Terbaru Bulan Ini

Cara Budidaya Cabe Yang Baik Dan Benar Terbaru Bulan Ini 2016, Cabe adalah salah satu bahan pokok makanan yang paling penting bagi manusia, Mau cabe merah atau cabe rawit. Dari istilah nama cabe, Pasti setiap orang mengenal nya, Maka dari itu saya akan mengulas tentang cabe.


Cabe yang biasa di konsumsi pada umum nya sangat bermacam- macam jenis nya, Ada yang suka mengkonsumsi cabe rawit karena ia suka yang sangat pedas, Dan ada juga yang suka dengan cabe merah, Tapi cabe merah biasa di gemari oleh manusia, selain rasa nya yang sederhana untuk pedas nya, Dari pihak petani pun banyak yang suka menanam cabe merah, Sebab dari harga pasaran nya selalu mahal.

Jadi, Sangat banyak yang ingin tau lebih dalam untuk mengetahui tentang bagai mana cara menanam cabe merah yang baik.

Berikut ini syarat tumbuh dan cara menanam cabe:

Untuk Tanah

* Tanah untuk lahan hendak nya tanah yang mengandung organik, tanah yang lembab dan gembur.
* Tanah yang tidak terdapat genangan air ketika hujan deras, Tidak banjir atau becek.
* pH tanah yang struktur nya sekitar 5.5 hingga 7.0.

Cara Menanam Cabe


Cara Menanam Cabe Cara Budidaya Cabe Yang Baik Dan Benar Terbaru Bulan Ini Berikut Langkah-langkah Dan Caranya :

1. Pemilihan Jenis Kualitas Cabe
 
    Pilih lah jenis dan kualitas calon bibit cabe yang bagus dan yang menurut pasaran nya baik. Nah         lalu siap kan berapa banyak yang mau di semai.

2. Tahap Penyemaian Bibit Cabe

    Masuk ke tahap penyemaian bibit cabe, Buat lah lahan untuk penyemaian bibit cabe tersebut, Pilih lah tanah yang gembur secukup nya untuk berapa jumlah bibit yang mau di semai, Lalu campur/aduk tanah dengan di pupuk kandang secukup nya, tambah kan dolomit dan pupuk organik lainnya, Supaya tingkat pertumbuhan nya cepat dan subur.

Nah, Setelah selesai tanah yang di campur dengan pupuk tersebut, Lalu masuk kan pada plastik kecil/ polybag, Bibit cabe di masukkan ke dalam plastik kecil tersebut yang berisi tanah yang sudah di campur dengan pupuk satu per satu hingga selesai.

Tutup semaian tersebut dengan menggunakan daun lalang atau daun kelapa, supaya tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Setelah selesai penyemaian tersebut, siram lah secara rutin setiap pagi dan sore penyemaian bibit cabe, Dan tunggu sampai bibit tumbuh.

3. Pembuatan Tempat Lahan Cabe 

*  Bersih kan lahan tersebut dari rumput atau semak.
*  Lalu buat lah bedengan dengan lebar 1 meter - 1,5 meter dengan ketinggian 30 cm. panjang                 secukup nya.
*  Gemburkan lah bedengan tersebut dan buka bagian tengah nya sekitar 30 cm, lalu
*  Beri pupuk kandang sebagai pupuk dasar, dan berikan juga pupuk kimia sebagai campuran supaya     lahan nya subur.
*  Setelah selesai, Gunakan plastik mulsa.
*  Membuat lubang dengan jarak tanam antara 50 cm - 60 cm.
*  Pastikan lahan sudah benar-benar sudah siap untuk di tanam cabe.

4. Tahap Penanaman Cabe

*  Bibit yang sudah usianya 25 hari-30 hari atau sudah berdaun empat kita ambil dan di siap kan
*  Masuk kan lah satu per satu bibit yang sudah siap tanam tersebut,, Perhatikan! Pilih lah bibit yang       pertumbuhannya baik dan normal
*  Gunakan kayu dan cacak kan kayu berukuran 1 meter di dekat bibit yang sudah di tanam dan ikat       lah bibit tersebut pada kayu yang sudah di cacak kan, supaya tidak tumbang ketika kena angin
*  Siram lah secara rutin tanaman cabe tersebut

5. Perawatan Cabe

*  Lakukan perawatan yang rutin dengan penyiraman pagi dan sore saat cuaca kemarau
*  Tambah kan pupuk susulan yaitu berupa pupuk cairan yang terbuat dari campuran antara pupuk           kandang dan pupuk kimia secara bertahap per 3 hari sekali supaya pertumbuhan maksimal
*  Bersih kan rumput di sekitar tanaman cabe secara rutin
*  Lakukan penyemprotan pestisida secara rutin pada tanaman cabe hingga hingga panen 3 hari               sekali guna untuk mengendalikan hama yang menyerang tanaman cabe

6. Cabe Siap Panen

Setelah cabe tiba pada tahap panen, Lakukan pemetikan buah dengan cara petik lah buah yang sudah  benar benar masak/merah, Agar tahap pemasaran nya baik dan cabe siap di konsumsi atau di jual.

Demikian lah cara menanam cabe yang baik dan benar, Semoga berguna dan bermanfaat bagi yang membaca nya, Saya ucap kan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar