Senin, 05 Desember 2016

Cara Menanam Kangkung Cukup Mudah Dan Praktis Terbaru

Cara Menanam Kangkung Cukup Mudah Dan Praktis Terbaru

Cara Menanam Kangkung Cukup Mudah Dan Praktis Terbaru~Cara Menanam Kangkung Cukup Mudah Dan Praktis TerbaruMembudidayakan tanaman sayuran kangkung adalah suatu ide untuk peluang bisnis yang besar dan menjanjikan hasil nya. Sebab di indonesia sangat terkenal dengan memasak sayur sayuran, Salah satu nya adalah jenis sayuran kangkung jadi idaman para orang.

                                                gambar cara menanam kangkung yang baik


Maka dari itu membudidayakan tanaman sayuran kangkung adalah program yang sangat menjanjikan untuk kalangan kita sebagai penggemar sayuran kangkung. Mari kita kenali salah satu menanam jenis sayuran kangkung ini.

Sebenar nya menanam kangkung tidak lah terlalu sulit, Bahkan lebih mudah cara menanam nya di bandingkan dengan tanaman sayuran yang lain nya, Maka sangat cocok bagi penggemar sayuran kangkung ini untuk membudidayakan tanaman sayuran kangkung tersebut.

Berikut kami akan mengulas tentang cara membudidayakan tanaman kangkung, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis tanaman kangkung yang bisa di tanam di daerah anda.

tanaman kangkung yang bisa di budidaya kan terbagi jadi 2 jenis yaitu:

1.  Kangkung Darat

*   Tumbuh nya di tanah dan di tempat kering/lembab
*   Batang nya berwarna hijau keputihan
*   Memiliki daun yang relatif agak kecil dan agak panjang, juga daun nya lebih tipis dan lunak
*   Umumnya bunga berwarna putih

2.  Kangkung Air 

*   Biasa nya tumbuh di permukaan air seperti pada sawah, parit , atau pada kolam
*   Warna batang nya hijau pekat dan batang nya keras
*   Daun nya lebih tebal dan berwarna hijau pekat
*   Bunga nya biasa ia berwarna putih kemerahan

Adapun cara menanam kangkung dengan baik dan benar silahkan baca artikel di bawah ini:

Untuk Persiapan Benih Kangkung

Untuk langkah awal untuk proses penanaman kangkung yaitu yang pertama adalah mempersiapkan benih kangkung yang berkualitas dan terpercaya dengan baik. pilih lah bibit yang benar- benar bebas dari penyakit dan tingkat mutunya terpercaya dari hasil penyuluhan yang bagus.

Biasa nya yang lebih banyak di budidaya kan yaitu bibit yang dari biji, karena lebih mudah proses penanaman nya.



Itu lah sangat penting nya bibit untuk proses penanaman kangkung, Tidak usah bingung atau panik, bibit kangkung bisa dengan mudah untuk di dapatkan yaitu datang lah ke toko pertanian atau dinas pertanian terdekat, anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan bibit kangkung yang anda cari.

Untuk Persiapan Lahan Tanaman Kangkung

Cara menanam kangkung adalah , Terlebih dahulu untuk proses penanaman kangkung yaitu anda harus mempersiapkan lahan nya sebagai media tanam, Dengan mencangkuli tanah dan menggemburkan tanah, membersihkan lahan dari rumput atau gulma.

Membentuk bedengan dengan lebar 100 cm tinggi bedengan 30 cm. serta jarak antar bedengan sekitar 40 cm.



pada inti nya tanaman kangkung harus di tanam pada lahan tanah yang sudah di gemburkan dan di beri pupuk kandang atau pupuk kompos.

Jika anda tidak memiliki lahan luas, atau hanya memiliki lahan sedikit di pekarangan rumah, jangan khawatir tanaman kangkung bisa di tanam pada media pot atau pada ember ember bekas.

Pemberian Pupuk Untuk Tanaman Kangkung

Untuk pemberian pupuk pada kangkung, lakukan sebelum anda menebarkan bibit pada lahan, yaitu tebarkan pupuk kandang pada tanah yang telah di gemburkan, beri juga kapur dolomit dan tanamlah bibit setelah 3 hari setelah pemupukan agar tanah netral.

Perawatan Tanaman Kangkung

Setelah penanaman selesai yang harus anda lakukan yaitu penyiraman pada tanaman setiap pagi dan sore agar tanaman lekas tumbuh dan besar, agar tanaman lebih cepat besar lakukan pemupukan susulan pada tanaman yang sudah berumur 7 hari dengan memberikan pupuk urea .

Tahap Panen Tanaman Kangkung

Kangkung dapat di panen setelah umur 25-30 hari setelah tanam, dan cara memanen kangkung yaitu dengan mencabut hingga akar nya kemudian di taruh kan pada tempat yang teduh agar sayur tidak layu,



Demikian lah ulasan tentang Cara Menanam Kangkung Cukup Mudah Dan Praktis Terbaru, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar