Jumat, 16 Desember 2016

Cara Budidaya Dan Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar Dan Jitu

Cara Budidaya Dan Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar Dan Jitu

Cabe di indonesia adalah kunci utama sebagai bumbu yang selalu ada di dapur, ada 2 jenis cabe yang biasa di konsumsi di indonesia, pertama adalah cabe rawit yang sering biasa di makan langsung pakai gorengan atau bisa juga buat makan bakso kuah atau supermi instan.




Cara Budidaya Dan Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar Dan Jitu
Semua orang tidak bisa lepas dari yang nama nya cabe, Bahkan tidak selera makan jika tidak ada cabe, Berarti cabe juga termasuk bahan bumbu masak yang terpenting dan populer di indonesia, semua orang sangat menyukai nya walaupun dengan rasanya yang super pedas.

Padahal harga cabe selalu melonjak tinggi atau mahal, Tapi orang orang tidak menghirau kan dengan masalah harga jika ia memang sangat di butuhkan dalam asupan sehari-hari, Maka dari itu mari kita menjadi salah satu petani sukses untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan cabe ini, Nah itu adalah peluang terbesar buat kita yang mau menanam dan membudidayakan cabe untuk bisnis yang menarik hati para petani yang lain.

Untuk Cara Budidaya Dan Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar Dan Jitu, Adapun teknik nya bacalah artikel di bawah ini dengan baik.

Cara Budidaya Dan Menanam Cabe 

Syarat Untuk Tumbuh Tanaman Cabe

1. Persiapan Lahan Atau Tanah Yang Di Butuhkan Untuk Tumbuh Cabe

*  Derajat atau kesamaan tanah yang dibutuhkan sekitar 5,5 - 7,0.
*  Persiapan tanah nya harus pada tanah yang gembur atau yang mengandung tanah organik
*  Tidak tergenang air atau tidak becek juga tidak tanah lumpur

2  Iklim Yang Di Butuhkan Tanaman Cabe

*  Suhu udara yang di butuhkan tanaman cabe bekisar 6 derajat celcius hingga 12 derajat celcius
*  Curah hujan yang dan cuaca panas antara kedua standar

Cara Menanam Tanaman Cabe

Saat ini kita akan menerangkan tentang cara menanam cabe yang baik dan benar, Berikut di bawah ini keterangan nya:

1.  Memilih Jenis Cabe

Untuk menanam cabe terlebih dahulu harus anda pastikan jenis cabe apa yang mau di tanam

2.  Menyemai Bibit Cabe

Sesudah bibit cabe sudah di pilih dan sudah di siapkan, Maka langkah berikut nya adalah penyemaian bibit cabe.

Adapun cara menyemai cabe yang baik dan praktis adalah dengan menggunakan media polibag. sediakan gelas plastik dan isilah dengan tanah gembur dan sudah di campur dengan pupuk kandang atau pupuk organik tersebut, Kemudian tanamlah bibit satu per satu kedalam gelas tersebut serta siram lah sesudah selesai penyemaian bibit cabe, Bibit cabe yang siap untuk di tanam sekitar umur bibit 25-30 hari atau sudah berdaun enam.

3.  Pembuatan Lahan Tanam Cabe

*  Bersihkan lahan dari rumput atau tanaman yang sekira nya mengganggu pembuatan lahan
*  Cangkul dan buatlah bedengan dengan ukuran lebar 100 cm -150 cm serta panjang sesuai lahan           dan tinggi bedengan 30 cm
*  Gemburkan tanah dan beri pupuk kandang campur dengan rata
*  Pasang plastik mulsa
*  Buatlah lubang dengan jarak tanam 60 x 70 cm buat lubang secara jigjag
*  maka lahan siap untuk ditanam cabe

4.  Penanaman Cabe

Untuk menanam cabe sebaik nya hal yang di perhatikan adalah waktu penanaman jangan di saat curah hujan terlalu deras, Karena curah hujan terlalu deras akan membuat bibit cabe gagal dalam masa pertumbuhan atau banyak yang mati karena tergenang air.

cara nya untuk menanam cabe, ambil bibit cabe yang sudah berdaun 6 dan lalu tanam lah pada lubang yang sudah di siap kan pada lahan, sesudah selesai penanaman lakukan penyiraman secara rutin agar tanah pada tanaman selalu terjaga selalu lembab.

5.  Perawatan Tanaman Cabe Dan Memupuk Tanaman Cabe

Sebaik nya yang harus di lakukan setelah selesai penanaman cabe agar mendapat kan hasil tanaman bagus yang wajib kita lakukan yaitu perawatan dan memupuk susulan pada tanaman yang sudah di tanam,

6.  Panen Cabe

Panen cabe sebaik nya di lakukan pada pagi hari setelah embun sudah kering, Dan hasil panen taruh pada tempat yang teduh dan kering serta lakukan penyotiran masih di lokasi lahan.

Cara Budidaya Dan Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar Dan Jitu, Ulasan di atas semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi yang sudah membaca nya, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar